Penyebab Blue Screen dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

BSOD (Blue Screen Of Death) atau dalam bahasa indonesianya blue screen, adalah istilah yang banyak digunakan pada saat layar monitor menjadi warna biru di komputer atau laptop dengan OS Microsoft Windows. Blue Screen bisa terjadi di berbagai versi WIndows seperti Windows NT, XP, Vista, 7 atau 8. Terkadang banyak user komputer ketika menemukan masalah blue screen maka solusinya adalah instal ulang. Hal ini benar namun tidak efektif karena ada cara yang lebih mudah untuk mengatasi masalah blue screen tanpa harus instal ulang windows anda. Namun sebelum itu anda harus tahu dahulu apa yang menjadi penyebab munculnya blue screen pada komputer atau laptop anda.

Penyebab Blue Screen dan Cara Mengatasinya

Beberapa penyebab BSOD / BLUE SCREEN OF DEATH=

DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini berarti slot pada motherboard rusak atau berdebu, biasanya slot yang bermasalah adalah pada slot memori. Untuk mengatasinya Anda bersihkan slot-slot yang ada pada mobo terutama slot memori.

PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini berarti telah terjadi masalah pada RAM, periksa apakah RAM rusak atau tidak. Solusinya Anda cabut RAM-nya dan bersihkan slot dan RAM-nya, bersihkan RAM dengan penghapus.

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini berarti telah terjadi kesalahan pada pengaturan pemasangan jumper, driver IDE controler, atau kesalahan pada saat installasi driver chipset.

MACHINE_CHECK_EXCEPTIONPesan error ini berarti disebabkan oleh kerusakan Prosesor, atau juga bisa disebabkan oleh kerusakan/ kekurangan daya pada power supply. Anda harus menjaga suhu prosesor agar tetap terjaga, tapi bila tetap muncul pesan error ini artinya prosesor atau PSU Anda sudah mau tutup usia.

BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini biasanya terjadi karena kesalahan pada saat menginstall atau mengupgrade driver, karena ini memaksakan sehingga komputer mengalami blue screen.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan ini terjadi karena ada kerusakan hardware pada komputer Anda, bisa jadi RAM, VGA, atau memory di prosesor (L2 Cache)

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Masalah ini terjadi bisa karena kesalahan pada saat menginstall driver, terjadinya timpang tindih/ bentrok pada driver yang biasanya terjadi ketika pengguna menginstall/ update driver baru sedangkan driver lama tidak terhapus/ dihapus (berhati-hatilah bagi Anda yang gemar update/ coba-coba install driver baru). Selain itu kesalahan ini pun bisa terjadi karena pengaturan/ penginstallan driver VGA dan Audio Sound.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan ini muncul terjadi karena Prosesor terlalu panas, cek kipas prosesor. Bisa juga disebabkan karena overclocking yang melebihi performa batas prosesor. Atau terjadi masalah pada motherboard.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan ini terjadi karena terjadi kesalahan saat install driver video card atau VGA. Solusinya install driver VGA yang sesuai dengan OS dan tipe sistem yang digunakan.

Cara Simple Mengatasi BSOD

Contoh menggunakan Windows 8 ( sumber : kaskus )
Cara Pertama :
1.Buka Control Panel, pilih 'System And Security', dan klik 'System' terus pilih 'Advanced System Settings'. kalo gak mau repot copas aja di box atas
Control Panel\System and Security\System
2.Nanti muncul box kemudian klik tab 'Advanced' terus liat bagian 'Startup And Recovery', klik the tombol 'Settings'
 
3. setelah di klik nanti muncul box lagi agan liat di bagian 'Write Debugging Information' nah ubah jadi 'small memory dump' terus klik OK
 
Selesai.
Cara Kedua :
1. Buka Run > regedit > HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\CrashControl
2. cari kemudian ubah valuenya "CrashDumpEnabled"=dword:00000003"
Cara ketiga :
Gunakan Software Bluescreenview : http://www.mediafire.com/download/6g2mcfawxcvar23

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi blue screen yang terjadi pada windows XP,Vista,7 dan 8. Semoga cara ini dapat membantu mengatasi masalah anda.

Penyebab Blue Screen dan Cara Mengatasinya dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Max Fiedler